Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Tabulasi (Tab) Pada Word

Tutorial: Word 2007, 2010, 2013, dan 2016 

Tutorial ini membahas cara menggunakan Tabulasi atau Tab Stop di Microsoft Word. Umumnya, Tab ini digunakan saat membuat daftar isi pada skripsi, makalah, laporan, ataupun buku. Dengan memanfaatkan Tab, daftar isi menjadi rapi dan mudah dipahami. Melalui tutorial ini langkah-langkah menggunakan tab pada word akan saya rinci dengan jelas disertai gambar agar mudah untuk diikuti dan dipraktekkan.


Tak bisa kita pungkiri bahwa dalam mengetik naskah atau teks di word, tanpa disadari kita selalu menggunakan salah satu item fungsi yang tersedia di word yaitu Tabulasi (Tab Stop), [selanjutnya disingkat: Tab]. Bagi yang sudah mahir tentu menggunakan tab bukanlah sebuah perkara sulit, tinggal pilih jenis tab, atur posisi di ruler, tekan tombol [Tab] dan langsung jadi deh.

Nah, bagaimana dengan teman-teman yang lain?? Apa sudah mahir juga menggunakan Tab??

Dulu saya juga tidak begitu paham menggunakan Tab pada awal-awal belajar menggunakan word. Paling saya menggunakan spasi untuk mengatasi masalah ini (ini saran dari seorang teman). Kala itu, cara ini paling mudah dan praktis menurut saya. Tapi hasilnya kadang kurang puas, karena harus berusaha dulu cari posisi yang tepat supaya teksnya sejajar atau pinggirnya rata dengan baris sebelumnya. Kadang bisa, tapi banyaknya gak sejajar dan tidak rapi.

Biasanya pakai metode beginian, perataan atau kesejajaran teks masih selisih nol koma sekian-sekian milimeter. Tetapi hasilnya kurang memuaskan juga ketika diprint.



Pada umumnya, fasilitas Tab digunakan saat mulai mengetik garis baru pada awal paragraf, membuat daftar list atau penomoran pada teks, membuat biodata, mengetik keterangan seperti nama, alamat, tanggal, waktu, dan tempat saat membuat surat, membuat piagam penghargaan, membuat daftar isi, membuat tempat tanda tangan, dan lain sebagainya. Bisa kita katakan bahwa tabulasi ini penting dan amat sering kita gunakan saat mengetik naskah atau teks pada suatu dokumen word.

Lalu, Tabulasi itu apa? Pada Microsoft Office Word, tabulasi diartikan sebagai salah satu fungsi yang berguna untuk mengatur penempatan posisi dan perataan teks dalam sebuah kalimat atau paragraf agar nantinya kalimat atau paragraf tersebut tampilannya tersusun rapi dan sejajar. Selain meratakan kata, tabulasi juga digunakan sebagai pengganti spasi dengan hanya sekali klik saja (tergantung penempatan), tidak perlu lagi menekan beberapa kali dan berturut-turut.

Penempatan tabulasi ini diatur dan disesuaikan pada bagian ruler atau mistar pada word. Ruler pada word terdiri dari 2 jenis yaitu Vertical Ruler dan Horizontal Ruler. Nah, ruler yang kita gunakan untuk mengatur penyesuaian posisi Tab adalah Horizontal Ruler (ruler mendatar) yang terletak dibawah toolbar (bisa Anda lihat pada gambar tampilan awal word dibawah).

Jenis - jenis Tab Pada Word


Perhatikan tampilan awal word berikut (pada panduan ini saya gunakan Microsoft Office Word 2013).


Silahkan perhatikan pojok kiri atas lembar halaman kerja (kotak kecil warna merah). Pada kotak tersebut tampak sebuah jenis tab, namun sebenarnya disini tersedia tujuh (7) jenis icon Tabulasi (Tab). Tab ini bisa langsung Anda pilih dan siap digunakan. Caranya adalah dengan mengklik tepat di atas icon tab secara berulang sampai ketemu dengan jenis tab yang ingin kita gunakan. Secara lengkap jenis-jenis tabulasi yang tersedia di word bisa Anda lihat pada gambar berikut.


Perhatikan gambar di atas, ada satu tabulasi yang tidak tersedia pada kotak icon tabulasi yaitu Left Indent. Jenis tabulasi ini biasanya langsung kita dapatkan disebelah paling kiri horizontal ruler. Untuk memindahkan dan menggunakannya, Anda harus mengklik bagian yang sudah saya kasi nomor 3.

Sengaja saya kasi nomor karena terdiri dari bagian-bagian yang berbeda. Tabulasi tersebut terdiri dari 3 bagian dengan fungsi masing-masing sudah saya uraikan di bawah, bagian 1 merupakan jenis tab First Line. Bagian 2 yaitu jenis tab Hanging Line, dan bagian yang ke 3 adalah jenis tab Left Indent (gabungan dari First Line Indent dan Hanging Indent). Jadi, hati-hati dalam memilih bagian-bagian tabulasi ini karena ukurannya terlalu kecil, bisa jadi salah memilih, dibutuhkan ketelitian saat memilihnya.

Berikut jenis dan fungsi dari masing-masing icon Tab yang tersedia di word yaitu:
  • Left Tab (Tabulasi kiri), gunanya untuk meratakan teks disebelah kiri pada teks yang letaknya sebaris.

    Contoh penggunaan:


  • Center Tab (Tabulasi tengah), gunanya untuk memberikan efek rata tengah pada teks yang letaknya sebaris. Biasa dipakai ketika mengetik tempat tanda tangan.

    Contoh penggunaan:


  • Right Tab (Tabulasi kanan), gunanya untuk meratakan teks disebelah kanan pada teks yang letaknya sebaris. Biasa digunakan ketika mengetik nomor halaman pada daftar isi.

    Contoh penggunaan:


  • Decimal Tab, gunanya untuk memberikan efek rata tengah berdasarkan letak tanda desimal/tanda koma ( , ) pada teks yang letaknya sebaris.

    Contoh penggunaan:


  • Bar Tab, gunanya untuk membuat garis vertikal/tegak pada teks yang letaknya sebaris.

    Contoh penggunaan:


  • First Line Indent, digunakan untuk membuat garis baru pada awal teks dalam satu paragraf (kalimat pada teks masuk kedalam). Jadi untuk mengawali baris baru pada paragraf cukup menggeser tab ini ke arah kanan di ruler bagian atas dokumen, biasanya berjarak spasi 1,5 cm dari batas tepi text boundaries.

    Contoh penggunaan:


  • Hanging Indent, gunanya untuk memberikan perataan kiri pada keseluruhan teks dalam satu paragraf.

    Contoh penggunaan:


  • Left Indent, gunanya untuk memberikan efek perataan kiri pada seluruh kalimat, paragraf, teks dalam satu dokumen.

    Contoh penggunaan:


Tabulasi Otomatis Word Melalui Jendela Tabs


Selain jenis tab di atas, kita juga bisa memanfaatkan fitur tabulasi secara otomatis melalui jendela Tabs. Fitur ini kebanyakan digunakan untuk membuat daftar isi, daftar gambar, atau daftar lampiran. Begini cara memunculkan jendela tersebut serta cara penggunaannya:

1. Klik menu tab PAGE LAYOUT >> klik kotak kecil disudut kanan bawah grup Paragraph.

2. Akan muncul jendela Paragraph >> klik tombol Tabs... dipojok kiri bawah jendela.

3. Akan ada pergantian jendela menjadi berukuran kecil yaitu jendela Tabs. Dijendela ini kita atur fitur tabs dengan otomat.

Jendela tabulasi stop word

  • Kotak Tab stop position: sebagai tempat mengatur jarak dimana spasi tab akan berhenti, dihitung dari sebelah kiri batas tepi text boundaries. Nilainya diisi dengan angka, bisa bilangan bulat atau desimal.

  • Kotak Alignment: berguna untuk mengatur jenis perataan tab stop, kita bisa memilih salah satu dari 5 pilihan yang ada yaitu:
    • Left: perataan yang biasa digunakan, fungsinya untuk mengatur tab stop rata kiri
    • Center: fungsinya untuk mengatur tab stop rata tengah
    • Right: fungsinya untuk mengatur tab stop rata kanan
    • Decimal: fungsinya untuk mengatur tab stop rata pada titik desimal
    • Bar: fungsinya untuk pembuatan garis tegak

  • Kotak Leader: berguna untuk memilih bentuk tampilan tabs. Artinya setelah menekan tombol Tab di keyboard maka spasinya diisi dengan bentuk leader sesuai yang kita pilih. Biasanya yang sering digunakan nomor 2, berbentuk garis titik-titik.
4. Jangan lupa klik OK untuk mengakhiri.

Cara Menggunakan Tab Pada Word


Pada kesempatan ini saya mau berbagi panduan kepada teman-teman agar lebih mahir menggunakan Tabulasi atau Tab di word.

Sebagai latihan awal, kita buat data pribadi, beginilah langkah-langkahnya.
  1. Bukalah aplikasi Ms Office Word Anda, terserah versi berapa (2007 / 2010 / 2013 / 2016).

  2. Misalkan kita latihan membuat biodata berikut. Pada latihan ini kita butuh 3 Left Tab.


  3. Klik tepat dikotak Tab, klik beberapa kali sampai ketemu Left Tab.


  4. Lanjutkan dengan meletakkan Left Tab pertama di horizontal ruler. Atur posisinya, contohnya klik di angka 1. Dengan klik di angka 1, berarti teks Nama mulai diketik dari jarak 1 cm disebelah kiri garis pinggir >> letakkan lagi Left Tab di ruler untuk tempat tanda titik dua misalnya di ruler 6,5 >> seterusnya klik satu kali lagi diruler tepat di angka 7 sebagai tempat penulisan nama orang. Jadi, secara keseluruhan Left Tab-nya diletakkan di 3 bagian.


  5. Mulailah mengetik naskah atau teks sesuai contoh latihan. Tekan tombol Tab di keyboard sekali, lalu ketik Nama.


  6. Tekan lagi Tab lalu tekan tombol titik dua ( : ) di keyboard.


  7. Lanjutkan lagi menekan tombol Tab, lalu ketik nama, pada latihan ini ketik Emanueli Mendrofa.


  8. Lalu tekan [Enter] untuk berpindah baris ke bawah. Tekan lagi Tab, lanjutkan dengan mengetik Tempat dan Tanggal Lahir, tekan lagi Tab lalu ketik titik dua, tekan lagi Tab lalu ketik Lolowua, 10 Mei 1989.


  9. Lalu tekan lagi [Enter], ulangi langkah 8 sampai selesai mengetik naskah atau teks.

  10. Perhatikan Alamat, hasilnya tidak rata. Tenang saja, ini bisa di atasi. Ada sedikit tambahan tips untuk mengatasinya yaitu dengan memindahkan Hanging Indent ke posisi Left Tab ke tiga. Silahkan pilih Hanging Indent (ingat yang diklik bagian 2 : Hanging Indent , jangan sampai salah).


  11. Kemudian klik Tab tersebut >> lalu tahan dan geser (drag & drop), pindahkan tepat di Left Tab yang ketiga (7 cm dari kiri). Gimana hasilnya?? Kalau hasilnya seperti gambar berikut berarti Anda sudah melakukannya dengan benar.

Selesai deh, mudahkan?? Pasti donkkk. Dengan menggunakan Tabulasi teksnya tertata rapi dan sejajar dengan teks sebelumnya.

Pada latihan ini kita hanya belajar menggunakan Left Tab dan Hanging Indent, akan tetapi penggunaan jenis tab yang lain tidak jauh beda dengan latihan ini. Jika Anda berkeinginan mempelajari lebih jauh tentang jenis tab yang lain, Anda bisa mempelajarinya melalui artikel saya mengenai Tutorial Praktis Membuat Daftar Isi Menggunakan Tab pada Microsoft Office Word.

Cara Memindahkan Posisi Tab Pada Word


Jika ternyata posisi Tab yang sudah kita atur masih belum sesuai dengan harapan kita, kita bisa memindahkannya kok. Caranya mudah, pada Horizontal Ruler klik Tab yang ingin kita pindahkan >> lalu pindahkan dengan menggeser Tab kesebelah kanan atau kesebelah kiri >> jika posisinya sudah tepat maka lepaskan klik Tab-nya. Perlu diperhatikan bahwa jika Tab kita pindahkan maka teks yang ikut menyertai Tab tersebut juga  ikutan bergeser.

Cara Menghapus Tab Pada Word


Peletakkan Tab yang berlebihan atau Tab yang tidak kita gunakan lagi perlu kita hapus dari ruler. Kalau dibiarkan, tentu saja bukan tindakan yang benar. Bisa jadi akan mengganggu tampilan teks yang lain. Untuk menghapus Tab tersebut, caranya sangat mudah sekali. Caranya pada Horizontal Ruler klik Tab yang ingin dihapus >> kemudian pindahkan Tab dengan menggeser ke luar area Horizontal Ruler, bisa ke atas ataupun kebawah ruler. Selesai, Tab-nya sudah terhapus.

Akhir kata, jika penggunaan tab ini masih terasa sulit hingga saat ini, Anda mulai berlatihlah dengan mempelajarinya perlahan-lahan, Niscaya Anda tidak akan mahir dalam menggunakannya.

Ingat bahwa segala sesuatu butuh proses, asal dilakukan dengan niat dan kesungguhan, pada akhirnya akan memberikan hasil baik yang tak bisa dikira sejak Anda memulai.

Demikianlah Cara Menggunakan Tabulasi (Tab) Pada Word, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Salam Ono Niha - Ya'ahowu.

Barangkali Anda juga ingin membaca artikel berikut:

6 comments for "Cara Menggunakan Tabulasi (Tab) Pada Word"

  1. Saran saya bos, hurufnya bisa pakai verdana atau yang lebih besar lagi 1inci boss biar kelihatan jelas karena lambat laun para netter akan buram mata-mata mereka, saran REDSOBEK.COM diterima"

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu pak bagi pemula yang belum paham penggunaan tabulasi... Terimakasih

    ReplyDelete