Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

Cara membuat daftar isi menggukan tabulasi di word

Bayangkan bila sobat sudah selesai menyusun sebuah dokumen atau file berupa makalah, buku, proposal, karya ilmiah ataupun skripsi tetapi sobat merasa bingung karena tidak tahu menahu cara membuat daftar isi secara otomatis di word.

Dokumen dibuat menggunakan word dengan jumlah halaman yang banyak ditambah uraian informasi yang begitu panjang, tentu lebih elok bila keseluruhan isi dokumen disusun dalam sebuah daftar yang akan menampilkan item-item apa saja yang termuat didalamnya. Gunanya adalah untuk memudahkan dalam menavigasi dan melakukan pengeditan kembali jikalau ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Berhubung karena sudah disertai dengan nomor halaman yang bisa memberi petunjuk untuk mencari letak halaman dengan cepat.

Daftar isi merupakan salah satu bagian penting yang biasanya ada dihalaman awal buku atau karya tulis sebelum masuk ke materi inti/pembahasan. Topik besar, judul, sub judul beserta isi dan pembahasan tiap-tiap BAB dari sebuah buku, karya tulis, ataupun skripsi jelas diuraikan dibagian ini.

Bagi orang awam seperti saya, sebelum membaca keseluruhan isi sebuah buku atau skripsi terlebih dahulu saya lihat dulu apa saja judul dan sub judul yang ada melalui daftar isi. Saya rasa teman-teman juga seperti itu kan??

Nah, inilah salah satu alasan seberapa penting daftar isi itu dimuat dalam sebuah dokumen seperti karya tulis, skripsi apalagi bila dokumen berupa sebuah buku.

Rata-rata orang terlebih dahulu memperhatikan isi sebuah buku lewat daftar isinya.

Karena hal ini, kebanyakan orang cenderung mencari tutorial atau cara membuat daftar isi di google, terutama bila dokumen dibuat menggunakan aplikasi microsoft word.

Makanya pada kesempatan ini saya akan menjelaskan kepada teman-teman semua cara membuatnya lengkap dengan penjelasan yang disertai dengan gambar.

Perlu saya jelaskan bahwa ada dua cara membuat daftar isi di word yaitu cara otomatis dan cara manual. Cara otomatis bisa kita lakukan dengan memanfaatkan fitur Table of Contents, sementara cara manual kita lakukan dengan memanfaatkan fitur Tabulasi (Tab).

Kedua cara ini sama-sama mudah, hasilnya juga tidak jauh beda. Melalui artikel ini, saya akan menjelaskan kedua cara ini. Terserah nantinya sobat pilih cara yang mana.

Namun, sebelum masuk ke bagian tutorial saya perlu menjelaskan istilah daftar isi beserta manfaatnya. Simaklah penjelasan berikut.



Pengertian dan Fungsi Daftar Isi

Daftar isi adalah susunan judul beserta sub judul pada tiap BAB dari sebuah buku atau karya tulis yang disusun secara sistematis, lengkap dengan posisi nomor halaman. Daftar isi berfungsi sebagai peta bagi pembaca yang memungkinkan memberi kemudahan dalam mengetahui dan mencari informasi yang ada dalam sebuah dokumen berdasarkan judul dan nomor halaman.

Mengapa Harus Mencantumkan Daftar Isi?

Ada beberapa alasan mengapa sebuah buku, makalah, karya tulis atau skripsi harus mencantumkan daftar isi.

Untuk memberi kesan profesional. Buku, makalah, karya tulis atau skripsi yang mencantumkan daftar isi biasanya terlihat profesional dan memberi kesan lebih baik bila dibandingkan dengan sebuah karya tanpa daftar isi sama sekali.

Memudahkan pembaca mengetahui topik sebuah dokumen. Dengan adanya daftar isi, pembaca lebih gampang dalam mengetahui apa saja topik/pembahasan sebuah dokumen.

Membantu pembaca untuk mencari letak sebuah topik dengan cepat. Dengan adanya nomor halaman didalam daftar isi maka akan membantu pembaca untuk menemukan topik yang ingin dibaca dalam waktu yang singkat.

Contoh Daftar Isi

Saat membuat karya ilmiah seperti skripsi, makalah atau proposal tentu mempunyai kaidah penulisan yang salah satunya harus mencantumkan daftar isi.

Bagi siswa ataupun mahasiswa yang kali pertama membuat karya ilmiah tentu bingung dan agak ragu dalam menulis daftar isi.

Nah pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh membuat daftar isi karya ilmiah. Cara buatnya pun tidak terlalu sulit. Namun jangan dianggap remeh, kita upayakan mengerjakannya dengan teliti untuk menghindari kesalahan.

Yang paling penting adalah sobat harus membuat terlebih dahulu rencana kerangka dan susunan judul serta sub-sub judul materi yang akan dibahas.

Dengan ini, sobat jadi mudah untuk mencari penjelasan materi dan penjabaran isi setiap judul dan sub judul yang ada.

Langsung saja berikut contoh-contohnya.

Contoh Daftar Isi Karya Tulis

DAFTAR ISI


LEMBARAN PENGESAHAN........................................................... i
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.......................................... ii
KATA PENGANTAR......................................................................... iii
DAFTAR ISI....................................................................................... iv
DAFTAR GAMBAR/FOTO............................................................... v
  1. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar............................................................... 1
  2. Tujuan Pembelajaran............................................................... 1
  3. Materi Pembelajaran............................................................... 2
  4. Tujuan Pembuatan Slide Presentasi Power Point............................................................... 15
  5. Manfaat Pembuatan Slide Presentasi Power Point............................................................... 16
  6. Prosedur Pembuatan Slide Presentasi Power Point............................................................... 16
    1. Pemilihan Tema atau Slide Master............................................................... 16
    2. Pembuatan Tombol Utama............................................................... 17
    3. Cara Mengaktifkan Tombol Utama............................................................... 22
    4. Cara Membuat Kuis............................................................... 24
    5. Cara Menonaktifkan Hyperlink............................................................... 27
  7. Pemanfaatan Slide Presentasi Power Point Dalam Pembelajaran............................................................... 28
BIODATA PENYUSUN............................................................... 31



Contoh Daftar Isi Skripsi

DAFTAR ISI


ABSTRAK........................................................... i
KATA PENGANTAR.......................................... ii
DAFTAR ISI......................................................................... vi
DAFTAR TABEL......................................................................... ix
DAFTAR GAMBAR......................................................................... xiii
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................... xiv
BAB I PENDAHULUAN......................................................................... 1
  1. Latar Belakang Masalah......................................................................... 1
  2. Identifikasi Masalah......................................................................... 5
  3. Batasan Masalah......................................................................... 7
  4. Rumusan Masalah......................................................................... 7
  5. Tujuan Penelitian......................................................................... 7
  6. Hipotesis Penelitian......................................................................... 8
  7. Manfaat Penelitian......................................................................... 8
  8. Asumsi Penelitian......................................................................... 9
  9. Keterbatasan Penelitian......................................................................... 9
  10. Batasan Operasional......................................................................... 9
BAB II KAJIAN PUSTAKA......................................................................... 11
  1. Landasan Teori......................................................................... 11
    1. Hakekat Belajar......................................................................... 11
    2. Strategi Pembelajaran......................................................................... 15
    3. Strategi Pembelajaran Peer Lessons......................................................................... 23
    4. Model Pembelajaran Konvensional......................................................................... 28
    5. Hasil Belajar......................................................................... 30
      1. Pengertian Hasil Belajar......................................................................... 30
      2. Penilaian Hasil Belajar......................................................................... 31
    6. Materi Penelitian: Prisma......................................................................... 33
  2. Kerangka Berpikir......................................................................... 41
BAB III METODE PENELITIAN......................................................................... 44
  1. Rancangan Penelitian......................................................................... 44
  2. Variabel Penelitian......................................................................... 46
  3. Populasi dan Sampel......................................................................... 46
    1. Populasi Penelitian......................................................................... 46
    2. Sampel Penelitian......................................................................... 47
  4. Jenis Data dan Instrumen Penelitian......................................................................... 48
  5. Prosedur Pengumpulan Data......................................................................... 52
  6. Teknik Analisis Data......................................................................... 54
BAB IV TEMUAN PENELITIAN DAN PEMBAHASAN......................................................................... 62
  1. Temuan Penelitian......................................................................... 62
    1. Proses Analisi Data......................................................................... 62
    2. Pengolahan Tes Hasil Belajar......................................................................... 65
    3. Nilai Rata-rata Hasil Belajar......................................................................... 66
    4. Standar Deviasi (Simpangan Baku)......................................................................... 67
    5. Uji Normalitas......................................................................... 67
    6. Uji Homogenitas......................................................................... 69
    7. Uji Hipotesis......................................................................... 69
  2. Pembahasan Temuan Penelitian......................................................................... 70
    1. Jawaban Umum Atas Permasalahan Pokok Penelitian......................................................................... 70
    2. Analisis dan Interpretasi Temuan Penelitian......................................................................... 71
    3. Kontras Temuan Penelitian dengan Teori yang Ada......................................................................... 72
    4. Implikasi Temuan Penelitian......................................................................... 73
    5. Keterbatasan Temuan Penelitian......................................................................... 74
BAB V PENUTUP......................................................................... 75
  1. Kesimpulan......................................................................... 75
  2. Saran......................................................................... 76
DAFTAR PUSTAKA......................................................................... 77



Contoh Daftar Isi Makalah

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR.......................................... i
DAFTAR ISI......................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN......................................................................... 1
  1. Latar Belakang......................................................................... 1
  2. Tujuan......................................................................... 2
  3. Rumusan Masalah......................................................................... 2
  4. Manfaat......................................................................... 3
BAB I TINJAUAN PUSTAKA......................................................................... 4
  1. Hakikat Pembelajaran......................................................................... 4
  2. Pendekatan Pembelajaran......................................................................... 10
  3. Metode Pembelajaran......................................................................... 25
BAB I PEMBAHASAN......................................................................... 30
  1. Peran Guru dalam Pembelajaran......................................................................... 30
  2. Peran Siswa Pada Proses Pembelajaran......................................................................... 40
  3. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak......................................................................... 45
BAB I PENUTUP......................................................................... 47
  1. Kesimpulan......................................................................... 47
  2. Saran......................................................................... 48
DAFTAR PUSTAKA......................................................................... 50



Format penulisan daftar isi sebenarnya tidak baku, disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Hanya saja, daftar isi karya ilmiah dan karya tulis yang baik dan benar semestinya dibuat dengan sederhana tetapi hendaknya mudah dipahami oleh pembaca.

Berikut susunan standar daftar isi karya ilmiah yaitu:
  • Halaman cover
  • Pengesahan
  • Abstrak
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Latar Belakang Masalah
  • Identifikasi Masalah
  • Batasan Masalah
  • Rumusan Masalah
  • Tujuan
  • Manfaat
  • Kajian Pustaka
  • Kerangka Berpikir
  • Pembahasan
  • Kesimpulan
  • Saran
  • Daftar Pustaka

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Cara pertama yang saya jelaskan yaitu cara otomatis.

Konsepnya yaitu judul dan sub-sub judul yang ada dalam sebuah dokumen terlebih dahulu dibuat dalam bentuk heading. Sebagai contoh topik utama atau judul-judul besar seperti Abstrak, Kata Pengantar, BAB I kita buat menjadi heading 1. Kemudian sub judul dari tiap BAB kita buat menjadi heading 2, sub judul dibawahnya kita buat menjadi heading 3, kalau ada lagi anak judul dibawahnya ya kita buat menjadi heading 4, begitu seterusnya.

Setelah semuanya ini dilakukan barulah judul dan sub-sub judul tadi kita satukan dan ditampilkan dalam daftar isi.

Oke biar lebih jelas mari langsung mempraktekkannya.

Beginilah cara membuat daftar isi otomatis di word

Sebelumnya kita perlu memberi Heading Style pada masing-masing bagian judul dan sub judul dokumen

Ini juga bisa membantu untuk melakukan update sekaligus dari daftar isi karena langsung mendeteksi letak nomor halaman dari setiap halaman dokumen word. Jadi, agar nomor halamannya auto terdeteksi sebaiknya buat dulu nomor halaman.

Pada tutorial ini saya menggunakan microsoft word 2013 dengan contoh dokumen pendukung yaitu skripsi. Namun jangan khawatir, tutorial ini kompatibel untuk semua versi microsoft word.

Cara Memunculkan Jendela Style Judul

1. Bukalah file/dokumen yang ingin dibuatkan daftar isi, misalnya dokumen skripsi.

2. Pada menu tab HOME, klik sebuah kotak kecil yang ada digrup Styles.

Styles

3. Akan memunculkan jendela styles disisi kanan dokumen word. Jendela styles ini bisa juga ditampilkan dengan menekan tombol shortcut Alt + Ctrl + Shift + S pada keyboard. Jendela styles bisa sobat lihat melalui gambar berikut.

Jendela Styles

Melalui jendela ini nantinya kita ubah satu per satu style judul tiap bab dan juga sub-sub judul bab pada dokumen. Ikuti cara melakukannya pada penjelasan berikut.

Cara Membuat Judul BAB Dokumen

Kita lanjutkan dengan membuat heading pada topik utama atau judul besar yang akan kita masukkan ke dalam daftar isi, misalnya Abstrak, Kata Pengantar, BAB I, dst. Berikut langkah-langkahnya.

1. Kita awali di halaman Abstrak. Mula-mula ketik judulnya lalu letakkan kursor di awal kata "ABSTRAK", kemudian pada jendela Styles klik Heading 1.

Memberi judul

2. Hasilnya adalah judul "ABSTRAK" yang semula berwarna hitam berubah menjadi warna biru dan berada disisi tepi kiri baris. Hasil ini sama untuk semua penerapan style heading pada tiap-tiap judul. Untuk pengaturan formatnya akan saya jelaskan dibagian selanjutnya.

Hasil heading 1

3. Lanjutkan dengan melakukan cara ini pada judul halaman KATA PENGANTAR, ubah juga menjadi heading 1.

Heading kata pengantar

4. Demikian halnya sobat lakukan untuk setiap judul mulai dari daftar isi, daftar gambar, daftar lampiran hingga judul-judul BAB dari BAB I sampai BAB V. Sebagai contoh pemberian style heading 1 pada BAB I.

Heading bab 1

5. Namun ada satu hal penting yang perlu kita atur bila judul kita ubah menjadi heading 1. Sebagai contoh pada gambar diatas, halaman BAB I PENDAHULUAN tampak bahwa judulnya terbagi menjadi dua baris. Agar nantinya judul ini tertulis satu baris saja dihalaman daftar isi maka lakukan langkah ini. Letakkan kursor sebelum kata PENDAHULUAN, lalu klik tombol Backspace di keyboard sehingga kata BAB I PENDAHULUAN menjadi satu baris.

Judul menjadi satu baris

6. Masih pada posisi yang sama, klik tombol Shift + Enter secara bersamaan dikeyboard. Sepintas hasilnya sama seperti sebelumnya, judul BAB menjadi dua baris. Namun dengan langkah ini yang muncul di daftar isi nantinya hanya satu baris saja. Jangan lupa lakukan langkah yang serupa kesemua judul BAB yang terdiri dari dua baris.

Membuat judul menjadi dua baris

Cara Membuat Sub Judul BAB Serta Mengatur Penomorannya

Kita juga perlu membuat sub judul tiap BAB, misalnya bagian dari BAB I seperti latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, rumusan masalah dan seterusnya. Beginilah cara melakukannya.

1. Arahkan dan letakkan kursor di awal kata sub judul Latar Belakang Masalah, kemudian pada jendela Styles klik Heading 2.

Heading latar belakang masalah

2. Buat hal yang sama untuk sub judul berikutnya. Contoh hasil penerapan heading 2 pada sub judul Identifikasi Masalah.

Heading identifikasi masalah

3. Jika ada anak bagian dari sub judul, misalnya BAB II dengan sub judul Landasan Teori memiliki sub sub judul seperti Hakekat Belajar dan Strategi Pembelajaran, maka yang sobat klik adalah Heading 3. Demikian bila ada sub judul dibawahnya klik Heading 4 ataupun Heading 5. Lakukan hal ini untuk semua sub judul yang akan dimuat di daftar isi.

Sub judul

4. Kalau kita perhatikan, pemberian heading pada sub judul akan menghilangkan penomoran (numbering) yang sudah dibuat sebelumnya. tenang saja, kita bisa mengaturnya kembali.

Sebagai contoh pada BAB I, sub judul Latar Belakang Masalah. Arahkan kursor ke awal kata sub judul tersebut.

penomoran sub judul

5. Pada menu tab HOME, klik salah satu pilihan Numbering di bagian grup Paragraph. Misalnya menggunakan style penomoran huruf abjad kapital, maka pilih opsi seperti petunjuk pada nomor 3.

Penomoran menggunakan abjad

Sobat juga bisa memilih jenis style yang lain dengan menggulir mouse kebawah, ada banyak pilihan yang tersedia disana. Silahkan pilih salah satu saja.

6. Sesuaikan posisi sub judul dan penomorannya dengan menggeser tab Left Indent di ruler bagian atas ke sebelah kiri batas tepi.

Menyesuaikan posisi sub judul

Lakukan hal yang sama untuk semua sub judul maupun sub sub judul dibawahnya yang sudah sempat hilang setelah menerapkan style heading.

Agar isi atau materi dalam dokumen tidak terbawa ke dalam daftar isi, maka pastikan semua tulisan isi menggunakan style Normal ataupun No Spacing, bukan dalam format Heading. Bila tidak, maka semua semuanya akan tampil didaftar isi. Ingat bahwa semua jenis style heading akan dimunculkan di daftar isi, sekalipun itu hanya pembahasan atau isi dokumen.

Merapikan dan Mengatur Format Huruf Pada Judul dan Sub Judul

1. Ada kalanya tampilan halaman berantakan, sebagai contoh BAB I PENDAHULUAN sudah naik ke halaman sebelumnya misalnya ke halaman DAFTAR GAMBAR. Nah, kita perlu merapikannya dengan mengembalikan ke tampilan semula yaitu judul BAB I PENDAHULUAN berada diposisi awal halaman. Caranya yaitu letakkan kursor pada awal kata BAB I, lalu tekan Ctrl + Enter , maka BAB I tersebut akan langsung berpindah ke awal halaman berikutnya.

2. Atur format huruf pada heading misalnya kita samakan semua jenis huruf yang digunakan yaitu Times New Roman dan warna huruf menjadi hitam. Jangan lupa juga mengatur gaya huruf Bold dan ukuran huruf misalnya 12pt atau 14pt. Untuk Heading 1, atur agar posisi judul berada ditengah-tengah baris (center). Heading 2, 3, dst posisikan disebelah tepi kiri halaman.

Format huruf heading

3. Sobat juga bisa melakukan pengaturan tetap dan otomatis pada semua format huruf khususnya untuk heading secara sekaligus. Hasilnya pun berlaku untuk semua jenis style heading yang dipilih ketika langsung diterapkan. Sebagai contoh kita ubah format huruf pada Heading 1. Caranya yaitu klik menu tab HOME kemudian klik kanan pada Heading 1 yang ada dibagian grup Styles lalu pilih Modify...

Mengatur format huruf heading 1

4. Akan muncul jendela Modify Style. Lalu ubah format huruf seperti jenis huruf, ukuran huruf, warna huruf, posisi heading, dll dibagian Formatting.

Sebagai contoh jenis huruf yang digunakan Times New Roman, ukuran huruf 12 pt, gaya huruf Bold, warna huruf hitam, posisi judul ditengah-tengah (center) serta menggunakan spasi 2. Hasil format huruf yang dipilih langsung tampil dibagian preview. Klik OK untuk menyimpan format huruf heading 1.

Modify style heading 1

Dengan menerapkan format ini maka dipastikan ketika sobat mengubah judul menjadi heading 1 maka akan mengikuti jenis, warna, gaya, dan ukuran huruf sesuai yang kita atur barusan. Lakukan juga langkah ini pada heading 2, heading 3, dst dengan mengikuti pengaturan format huruf seperti langkah 2 sebelumnya. Berikut contoh format huruf heading 2.

Modify style heading 2

Mudahkan teman-teman??? Selain tidak ribet, saya rasa cara ini cukup simpel dan praktis.

Cara Memasukkan Daftar Isi Otomatis

Langkah terakhir adalah dengan memasukkan list judul dan sub-sub judul sesuai jenis heading yang kita atur ke dalam daftar isi secara otomatis. Hanya saja pastikan dulu pemberian heading judul dan sub judul sudah dilakukan dengan benar. Berikut langkah-langkah untuk memasukkan daftar isi ke dalam word.

1. Letakkan kursor pada halaman dimana teman-teman akan meletakkan bagian daftar isi. Misalnya kita taruh pada halaman setelah Kata Pengantar. Tekan Ctrl + Enter dari akhir halaman kata pengantar sehingga terbentuk halaman kosong baru dibawahnya.

2. Lalu ketik judul halaman DAFTAR ISI kemudian pilih jenis style heading 1.

Ketik Judul Daftar Isi

3. Tekan Enter sebanyak 2 kali, lalu blok kemudian pilih jenis style No Spacing di jendela style.

No spacing

4. Selanjutnya kita isi klik menu tab REFERENCES lalu pilih sub menu Table of Contents kemudian pilih Automatic Table 1

Table of Contents

5. Akan muncul daftar isi beserta posisi nomor halaman seperti gambar berikut.

Hasil Daftar isi otomatis

Karena tidak diperlukan silahkan hapus kata Contents.

6. Tidak tertutup kemungkinan kita akan mengedit kembali daftar isi misalnya menambah content untuk daftar isi, menambah atau mengurangi isi materi sehingga mengakibatkan terjadinya perubahan halaman, caranya yaitu sobat tinggal meng-klik Update Table yang terdapat pada bagian atas halaman Tabel of Content. Maka akan muncul tampilan berikut ini.

Update daftar isi

7. Ada dua pilihan yang tersedia. Pilihan pertama yaitu Update page numbers only, dipilih jika sobat hanya mengedit materi (mengurangi, menambah atau memperbaiki materi pembahasan) artinya perubahan hanya terjadi pada nomor halaman saja.

8. Pilihan kedua Update entire table, dipilih jika sobat telah melakukan perubahan atau perbaikan pada heading.

9. Hasil yang kita dapatkan dari kedua pilihan ini yaitu sama-sama kita dapatkan pembaharuan daftar isi secara otomatis. Sebagai contoh, saya akan menambah halaman daftar gambar, jadi judulnya saya pilih jenis style heading 1. Hasilnya akan menambah halaman DAFTAR GAMBAR disertai dengan letak nomor halamannya.

Pembaharuan Daftar Isi

10. Kita juga bisa mengatur jenis heading yang tampil pada daftar isi. Mungkin saja kita bermaksud menampilkan heading 4, ataupun kita hanya menampilkan sampai heading 2 saja. Karena secara default yang tampil hanya sampai heading 3 saja. Inilah cara yang kita lakukan.

Pada menu tab REFERENCES pilih sub menu Table of Contents lalu klik pada Custom Table of Contents

11. Akan muncul jendela Table of Contents. Lalu klik Options, muncul kembali sebuah jendela Table of Contents Options. Gulir mouse hingga tampilannya seperti gambar berikut.

Menambah atau menghapus heading

Pada jendela ini, ketik angka 4 dikotak yang tersedia jika sobat menampilkan sampai heading 4 di daftar isi. Demikian bila seterusnya ditampilkan sampai heading 5, ketik angka 5.

Namun jika sobat hanya memunculkan sampai heading 2 saja maka sobat perlu menghapus angka 3 dikotak yang ada. Penghapusan ini diikuti dengan hilangnya tanda ceklis disisi kiri jenis header. Ceklis ini menandakan jenis header yang ditampilkan di daftar isi. Klik OK untuk mengakhiri dan menyimpan.

12. Lihat perubahan jenis header yang tampil di bagian Print Preview jendela Table of Contents Options. Akhiri dengan klik OK.

Hasil option daftar isi

Sekarang pada daftar isi sudah tampil sampai heading 4.

13. Selanjutnya rapikan tampilan daftar isi dengan memindahkan posisi judul dan sub judul dengan memanfaatkan fitu First Line Indent, Hanging Indent, dan Left Indent yang ada diruler bagian atas. Inilah hasil akhir daftar isi otomatis.

Hasil akhir daftar isi otomatis

Gimana teman-teman?? Tidak ada kendala sampai tahap ini kan?? Saya harap sampai langkah ini teman-teman tidak capek dan mau melanjutkan untuk mengikuti langkah-langkah membuat daftar isi secara manual.

Cara Membuat Daftar Isi Manual Dengan Tabulasi

Awal membuat daftar isi, saya menggunakan cara manual ini. Melalui cara ini, bentuk dan tampilan daftar isi bisa kita atur sesuai keinginan kita.

Selain itu, daftar isi juga akan terlihat rapi. Langkah-langkah membuatnya pun relatif mudah.

Walaupun cara membuatnya secara manual akan tetapi kita cukup melakukan sekali saja dibagian awal, untuk seterusnya akan terisi secara otomatis.

Maksudnya gimana ya??

Langsung saja, gak perlu banyak basa basi teman-teman, nanti juga teman-teman akan mengerti sendiri apa yang saya maksudkan setelah mengikuti langkah-langkah pada tutorial ini.

Untuk melakukan cara ini kita membutuhkan sebuah fitur yang tersedia di microsoft word yaitu tabulasi (tab).

Beginilah cara membuat daftar isi manual di word

1. Bukalah Microsoft Office Word 2007, 2010, 2013, atau 2016.

2. Aturlah ukuran margin halaman pada menu bar page layout.

3. Ubahlah styles tulisan/teks dengan memilih No Spacing. Styles No Spacing berguna untuk mengatur agar baris dalam tulisan/teks tidak mempunyai spasi.

Daftar isi menggunakan Tabulasi

4. Ketiklah judul DAFTAR ISI.

Daftar isi menggunakan Tabulasi

5. Bloklah judul, kemudian aturlah jenis huruf, ukuran huruf dan gaya huruf pada Menu Bar Home kemudian pilih icon yang sesuai di Tool Bar Font. Misalnya, pada tutorial ini jenis hurufnya: Times New Roman, Ukuran Huruf: 14pt, gaya huruf: Bold.

Daftar isi menggunakan Tabulasi

6. Selanjutnya aturlah posisi teks pada menu tab Home kemudian pilih icon Center pada Tool Bar Paragraph, atau tekan Shortcut Ctrl + E.

Daftar isi menggunakan Tabulasi

7. Tekan Enter, lalu atur kembali ukuran huruf: 12pt dan klik kembali icon Bold agar huruf menjadi normal (Unbold). Aturlah posisi teks Menu Bar Home dengan memilih icon Align Left, agar posisi teks berada di sebelah kiri halaman. Tekan kembali Enter sebanyak 2 kali.

8. Ketiklah teks selanjutnya, misalnya LEMBAR PENGESAHAN. Pada menu tab Home pilih icon Paragraph Settings di sebelah sudut kanan bawah pada Tool Bar Paragraph.

Daftar isi menggunakan Tabulasi

9. Akan Muncul Kotak Paragraph. Kemudian pilih Tabs... pada sudut kiri bawah kotak.

Daftar isi menggunakan Tabulasi

10. Sampai langkah ini teman-teman tidak punya kendala kan?? Semoga saja tidak, hehehehe. Mari kita lanjut teman-teman.

Biasanya akan muncul kembali kotak Tabs, ukurannya kecil tetapi berbeda dengan kotak sebelumnya. Pada kotak ini kita atur posisi dan juga tindakan yang muncul setelah menekan tombol tab, berikut langkah yang harus kita lakukan beserta penjelasannya:

Daftar isi menggunakan Tabulasi

  • Pada kotak Tab stop position: ketiklah angka 15,5. Gunanya agar tab yang kita buat akan berhenti/berakhir pada posisi 15,5 cm dari sebelah kiri halaman. Posisi ini bisa ditukar-tukar dengan menyesuaikan pada ukuran halaman. Akan tetapi direkomendasikan jangan terlalu dekat dengan kanan halaman karena masih ada teks yang akan kita ketik disebelah kanan halaman yaitu nomor halaman.

  • Pada Alignment pilih Left. Selanjutnya pada Pada Leader pilih angka 2. Pilihan ini maksudnya adalah ketika kita tekan tombol Tab di keyboard maka akan menampilkan tanda titik-titik dari posisi awal kursor sampai ke Tab stop position. Pilihan leader ini bisa juga dengan memilih angka 3 atau 4, sesuaikan dengan keinginan teman-teman.

  • Kemudian klik Set. Setelah itu, angka 15,5 akan muncul pada kotak dibawahnya.

  • Daftar isi menggunakan Tabulasi

  • Keseluruhan pengaturan tab ini bermaksud agar sewaktu kita menekan tombol Tab maka akan menampilkan titik-titik terlebih dahulu dan berakhir pada posisi 15,5 cm.

  • Selanjutnya klik OK.

TIPS: Jika sobat ingin menghapus atau mengganti pengaturan awal, klik tombol Clear. Jika ingin menghapus atau mereset seluruh pengaturan yang ada silahkan klik tombol Clear All

11. Coba tekan tombol Tab. Hasilnya sebagai berikut.

Daftar isi menggunakan Tabulasi

12. Selanjutnya pada pilihan tab silahkan klik sampai ada pilihan Right Tab. Jangan sampai salah ya, harus Right Tab.

Daftar isi menggunakan Tabulasi

13. Letakkan Right Tab tersebut pada Ruler. Misalnya, pada tutorial ini diletakkan pada posisi 16,25 cm dari sebelah kiri halaman. Pada tab ini nantinya kita akan mengetik nomor halaman dan nomor halaman sejajar dari sebelah kanan.

Daftar isi menggunakan Tabulasi

14. Setelah selesai diletakkan, selanjutnya tekan kembali tombol Tab. Kemudian ketiklah nomor halaman.

Daftar isi menggunakan Tabulasi

15. Tekan Enter untuk membuat garis baru.

16. Ketiklah sub judul berikutnya, tekan Tab, kemudian tekan Tab sekali lagi, lalu ketik nomor halaman. Lakukan langkah yang sama untuk seterusnya.

Daftar isi menggunakan Tabulasi

Nah, inilah yang saya maksudkan tadi, kita hanya melakukan pengaturan manual sekali saja, hanya di bagian awal. Untuk selanjutnya akan mengikuti pengaturan tab yang kita lakukan sebelumnya. Dengan kata lain, akan secara otomatis mengikuti pengaturan manual yang kita lakukan di bagian awal.

Sekarang kita tinggal melanjutkan dengan mengetik judul dan sub judul kemudian tekan tombol Tab lalu ketik nomor halaman. Lakukan hal ini sampai semua judul dan sub judul yang ada dalam dokumen termuat di dalam daftar isi.

Bagaimana teman-teman? Mudahkan?? semoga saja teman-teman bisa mengikuti langkah-langkah yang saya paparkan.

Terakhir, bila semua telah selesai dilakukan simpanlah filenya. Bila ada yang kurang dimengerti jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar, saya siap membantu dan memberikan penjelasan kepada teman-teman semua.

Demikian Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word dan semoga bermanfaat. Ya'ahowu.

2 comments for "Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word"

  1. Mksh informasinya gan..

    Jadi paham cara membuat daftar isi otomatis di word, langsung dipraktekkan dan work

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, cara buat daftar isi otomat memang lebih mudah dibanding manual. Walau hasil keduanya sama saja.

      Delete