Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Mata Kuliah Teori Himpunan dan Logika Matematika

Teori Himpunan dan Logika Matematika

Pada postingan sebelumnya saya telah share tentang Materi Mata Kuliah Aljabar Elementer, pada kesempatan kali ini saya akan share kembali materi kuliah Teori Himpunan dan Logika Matematika. Mata kuliah ini membahas secara terperinci tentang materi himpunan yaitu istilah dan simbol himpunan, diagram Venn, relasi himpunan dan operasi himpunan serta logika matematika yaitu dasar-dasar logika, tabel kebenaran, proposisi majemuk, tautologi, pembuktian logika dan analisis argumen, kuantor, dan rangkaian logika.

Materi ini saya himpun dari berbagai sumber kemudian membuat rangkumannya. Materi ini saya share kepada teman-teman yang saat ini mungkin lagi mencari referensi mengenai mata kuliah ini. Teman-teman bisa mendownloadnya melalui link berikut. Berbagi itu indah.

Pengertian dan Cara Menyatakan Himpunan

Menurut ilmu matematika, himpunan adalah kumpulan atau kelompok benda/objek yang dapat terdefenisi dengan jelas. Objek di dalam himpunan dinamakan elemen, unsur atau anggota himpunan. Keanggotaan suatu himpunan dinyatakan oleh notasi "∈".

Himpunan biasanya ditulis dengan menggunakan huruf kapital sementara anggota himpunan ditulis dengan huruf kecil atau dengan angka.

Materi lengkapnya bisa Anda baca melalui artikel saya yang berjudul pengertian dan cara menyatakan himpunan.

Kardinalitas

Jumlah atau banyaknya elemen suatu himpunan berhingga dinamakan kardinalitas.Untuk menyatakan kardinalitas himpunan A ditulis dengan notasi: n(A) atau ⏐A⏐.

Materi lengkapnya bisa Anda unduh melalui tombol berikut:


Operasi Himpunan

Materi terdiri dari irisan dua himpunan, gabungan dua himpunan, komplemen suatu himpunan, selisih (Difference) dua himpunan, jumlah dua himpunan, beda setangkup, hukum-hukum himpunan, serta sifat-sifat yang berlaku pada operasi himpunan.

Materi lengkapnya bisa Anda baca melalui artikel saya yang berjudul operasi himpunan.

Relasi

Relasi adalah pernyataan yang mendefinisikan hubungan antara suatu himpunan dengan himpunan lainnya.

Materi lengkapnya bisa Anda unduh melalui tombol berikut:


Diagram Venn

Materi lengkapnya bisa Anda unduh melalui tombol berikut:


Logika Matematika dan Kata Hubung Kalimat

Materi terdiri dari konsep tentang logika, sejarah ringkas dan perkembangan logika, pentingnya belajar logika, penalaran logika, pernyataan, variabel dan konstanta, kalimat terbuka, proposisi, kata hubung kalimat, negasi, konjungsi, disjungsi, kondisional atau implikasi, bikondisional atau biimplikasi.

Materi lengkapnya bisa Anda baca melalui artikel saya yang berjudul logika matematika dan kata hubung kalimat.

Kuantor dan Penarikan Kesimpulan

Materi terdiri dari kuantor (fungsi pernyataan, kuantor umum, kuantor khusus, negasi suatu pernyatan yang mengandung kuantor), penarikan kesimpulan (premis dan argumen, validitas pembuktian, modus ponen, modus tolens, transitif, silogisme, konjungsi, dilema konstruktif dan destruktif), beserta contoh penarikan kesimpulan logika matematika.

Materi lengkapnya bisa Anda baca melalui artikel saya yang berjudul kuantor dan penarikan kesimpulan.

Dengan biaya Rp100.000 saja, sobat bisa memiliki semua materi mata kuliah Teori Himpunan dan Logika Matematika dalam bentuk power point (.pptx). Jika berminat, hubungi saya via Whatsapp (nomor sudah ada di Contact), materi akan saya kirim melalui Whatsapp.


Demikian tentang materi teori himpunan dan logika matematika, semoga bermanfaat. Salam Ono Niha, Ya'ahowu.

Post a Comment for "Materi Mata Kuliah Teori Himpunan dan Logika Matematika"