Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Pengaturan Page Layout Halaman Microsoft Office Word

Pengaturan page layout halaman merupakan hal penting yang perlu kita lakukan sebelum kita akan mengetik teks atau tulisan pada Microsoft Office Word. Page layout adalah tampilan dokumen word yang menampilkan bentuk kertas yang digunakan sebagaimana hasilnya ketika kita mencetak atau melakukan print out.

Page layout halaman word menyangkut pengaturan jenis kertas, ukuran kertas, orientasi kertas, dan margin atau jarak tulisan dari tepi kertas.

Dengan mengatur tampilan page layout dokumen word maka akan memudahkan kita dalam mengetik teks, mengatur serta merapikan teks sehingga dokumen yang kita ketik saat dicetak bisa full halaman dan tidak terpotong.

Berikut langkah-langkah yang dilakukan untuk mengatur page layout (tampilan halaman dokumen) word yaitu:

1. Bukalah aplikasi Microsoft Office Word 2007, 2010, 2013, atau aplikasi Microsoft Office Word yang tersedia di komputer atau laptop Anda.

2. Selanjutnya akan tampil dokumen kosong (blank document) seperti gambar berikut.

Cara Mudah Pengaturan Page Layout Halaman Microsoft Office Word

3. Perhatikan menu bar yang ada di bagian atas dokumen. Pilihlah Page Layout.

Page Layout (tampilan dokumen) halaman word

4. Selanjutnya, dibagian sudut kanan bawah pada tool bar Page Setup terdapat icon kotak kecil yang didalamnya terdapat anak panah kecil. Kliklah pada icon tersebut.

Page Setup Word

5. Lalu, akan muncul jendela Page Setup seperti gambar berikut.

Jendela Page Setup Word

Pada jendela ini tersedia 3 pilihan tab menu yaitu Margins, Paper dan Layout. Masing-masing tab ini punya fungsi berbeda, ketiganya harus kita atur. Pertama-tama kita akan melakukan pengaturan pada tab Margins.
  1. Margins
    • Pada form Margins ada 4 pilihan yaitu top (batas tepi atas), left (batas tepi kiri), bottom (batas tepi bawah) dan right (batas tepi kanan). Misalkan masing-masing kita ketik angka 2,5 cm. Ini artinya jarak tulisan/teks dari tepi atas, kiri, bawah dan kanan kertas yaitu 2,5 cm, dengan kata lain kita mulai mengetik 2,5 cm dari batas tepi kertas.

      Margins Word

      TIPS: Biasanya untuk makalah atau karya tulis, form margins left akan dilebihkan untuk tempat jilid. Kalau untuk Skripsi biasanya berjarak 4 cm.

    • Pada Orientation, pilih salah satu posisi kertas Potrait (tegak) atau Landscape (melebar). Setiap dokumen word, kedua jenis posisi kertas ini bisa digunakan, bagaimana caranya?? silahkan baca panduannya: cara menggunakan halaman beda posisi dalam satu dokumen word.

    • Tampilan sementara sesuai pengaturan yang sudah kita pilih akan tampil pada Preview.

    • TIPS: Apabila pengaturan Margins dan Orientation yang kita atur tadi kita buat jadi tetap atau berlaku untuk setiap dokumen lain yang kita ketik maka klik Set As Default pada sudut kiri bawah kotak Page Setup.

  2. Paper
    Selanjutnya klik tab Paper. Pada tab ini kita akan mengatur ukuran kertas atau jenis kertas yang kita gunakan. Silahkan pilih salah satu jenis kertas yang sudah disediakan pada Paper Size dengan cara klik kotak disebelah kanan (yang didalamnya ada panah bawah). Pada pilihan yang tersedia biasanya tidak ada jenis kertas Folio atau F4. Untuk jenis kertas Folio pilih Custom size dan ukurannya kita ketik/isi sendiri. Untuk Width: 21,59 cm (Lebar) dan Height: 33 cm (Panjang).

    Paper Word

    TIPS: Apabila pengaturan Paper yang kita atur tadi kita buat jadi tetap atau berlaku untuk setiap dokumen lain yang kita ketik maka klik Set As Default pada sudut kiri bawah kotak Page Setup.

  3. Layout
    Pada tab Layout kita akan mengatur jarak Header dan Footer. Biasanya Header dan Footer digunakan untuk tempat nomor halaman atau tulisan-tulisan tambahan. Untuk pengaturannya kita pakai yang sudah default saja. Jadi, biasanya tab Layout kadang diabaikan atau jarang diubah pengaturannya. Yang umum hanya pengaturan Margins dan Paper saja.

    Layout Word

6. Setelah semuanya selesai, langkah terakhir klik OK.

7. Sekarang dokumen siap digunakan. Hasil pengaturan margins tampak pada tampilan kotak text boundaries dokumen word. Nantinya, kita akan mengetik teks didalam kotak ini.

Demikian ulasan tentang cara mudah pengaturan page layout halaman Microsoft Office Word, semoga bermanfaat. Ya'ahowu.

Post a Comment for "Cara Mudah Pengaturan Page Layout Halaman Microsoft Office Word"