Cara Menyembunyikan Baris dan Kolom di Excel

Tahukah teman-teman ada berapa jumlah baris dan kolom di setiap sheet pada lembar kerja Excel??

Disetiap sheet pada Excel ada 1.048.576 baris dan 16.384 kolom (sampai kolom XFD) atau bila dijumlahkan seluruh sel pada setiap sheet ada 17.179.869.184 (17 Myliar lebih). Itu baru satu sheet, bagaimana kalau ada beberapa sheet ya?? berapa banyak sel-nya.....?? Hitung sendiri ya.... hihihihihi


Meskipun Excel menyediakan jutaan baris, ribuan kolom atau ber-myliar sel, namun biasanya kita tidak pernah menggunakannya sampai habis. Paling kita menggunakan ribuan atau ratusan juta sel saja (hihihih banyak juga ya). Nah, sisanya gimana?? Baris, kolom atau sel yang tidak dipakai lebih baik kalau kita sembunyikan saja biar kelihatan lebih rapi.
Lalu, bagaimana caranya menyembunyikan baris, kolom atau sel di Excel?? Tenang saja teman-teman, caranya gampang kok. Berikut saya akan bagikan caranya kepada teman-teman.

Cara menyembunyikan baris di Excel
  1. Pertama-tama siapkan dulu file atau dokumen Excel yang hendak kita rapikan. Berikut contoh dokumennya.


  2. Perhatikan bahwa pada contoh dokumen di atas, yang telah digunakan hanya sampai baris ke-48. Mulai dari baris ke-49 akan kita sembunyikan.
  3. Bloklah seluruh baris ke-49 dengan mengarahkan kursor tepat di atas angka 49 (biasanya kursor berubah menjadi tanda panah kekanan).


  4. Kemudian tekan tombol atau shortcut Ctrl + Shift + Tanda Panah Bawah (Arrow Down) pada keyboard. Shortcut ini berfungsi untuk memblok baris ke-49 sampai baris-1.048.576.
  5. Kalau cara Anda sudah benar maka akan tampil seperti gambar berikut.


  6. Selanjutnya pada tab Home, dibagian menu Cells klik Format, kemudian Hide & Unhide lalu Hide Rows atau Anda bisa juga menekan tombol Ctrl + 9.


  7. Maka baris ke-49 sampai baris-1.048.576 menjadi tidak kelihatan alias tersembunyi.
  8. Jika ingin menampilkan kembali baris yang sudah disembunyikan tadi, caranya adalah blok terlebih dahulu semua baris dan kolom di Excel, dengan cara mengarahkan kursor ke pojok kiri atas label baris dan kolom, kemudian klik sekali untuk memblok semua sel pada sheet tersebut.


  9. Kemudian pada tab Home, pada menu Cells pilih Format, selanjutnya Hide & Unhide lalu Unhide Rows atau tekan tombol Ctrl + Shift + (.


    Seluruh baris yang sudah tersembunyi tadi akan tampil seperti sedia kala.
Cara menyembunyikan kolom di Excel
  1. Perhatikan kembali file atau dokumen Excel yang tadi. Kolom yang telah digunakan adalah sampai kolom-R. Berarti kita sembunyikan mulai kolom-S.
  2. Bloklah seluruh kolom-S dengan mengarahkan kursor tepat di atas huruf S (biasanya kursor berubah menjadi tanda panah kebawah).


  3. Kemudian tekan tombol atau shortcut Ctrl + Shift + Tanda Panah Kanan (Arrow Right) pada keyboard. Shortcut ini berfungsi untuk memblok kolom-S sampai kolom XFD.
  4. Selanjutnya pada tab Home, dibagian menu Cells klik Format, kemudian Hide & Unhide lalu Hide Columns atau Anda bisa juga menekan tombol Ctrl + 0. Seluruh kolom mulai kolom-S sampai kolom-XFD menjadi tersembunyi.


  5. Jika ingin menampilkan kembali kolom yang sudah disembunyikan tadi, caranya adalah blok terlebih dahulu semua baris dan kolom di Excel, dengan cara mengarahkan kursor ke pojok kiri atas label baris dan kolom, kemudian klik sekali untuk memblok semua selnya. Kemudian pada tab Home, pada menu Cells pilih Format, selanjutnya Hide & Unhide lalu Unhide Columns atau tekan tombol Ctrl + Shift + ).


  6. Seluruh kolom yang sudah tersembunyi tadi akan tampil seperti semula.
Sekian dan Selamat Mencoba. Salam Ono Niha, Ya'ahowu.
Bagikan:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel ini, jika senang dengan artikel ini silahkan share dengan sharing buttons di atas. Harap berkomentar sesuai dengan judul artikel. Copy paste wajib menyertakan link https://emanmendrofa.blogspot.com. Salam Ono Niha, Ya'ahowu.

Post Terbaru

Join Fanspage

Total Tampilan