Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyelesaian Program Linear

Penyelesaian program linear bisa dilakukan dengan menggunakan garis selidik, metode aljabar dan metode simplex



Penyelesaian Program Linear

Penyelesaian Program Linear - Program linear adalah suatu metode atau cara yang dapat digunakan sebagai solusi masalah optimasi, yaitu memaksimumkan atau meminimumkan suatu bentuk fungsi objektif atau fungsi sasaran dengan kendala-kendala berupa sistem pertidaksamaan.

Dalam perkembangannya, program linear menjadi sangat penting dalam berbagai bidang, terutama bidang industri/usaha, seperti produksi barang dan penjualan barang.

Misalkan seorang pengusaha ingin menentukan suatu teknik produksi yang harus digunakan untuk memenuhi permintaan pasar dengan meminimumkan biaya atau ongkos produksi namun tetap memperoleh keuntungan yang maksimal. Untuk menyelesaikan masalah ini, kita harus mengetahui kendala-kendala apa saja yang terdapat dalam produksi barang tersebut, misalnya jumlah bahan baku yang tersedia, jumlah pegawai, atau kendala yang lainnya.

Selanjutnya dengan fungsi objektif atau fungsi sasaran yang kita inginkan, kita dapat memutuskan teknik produksinya.

Untuk itu, kalau kita menguasai program linear tentu kita nantinya akan dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan memaksimumkan dan meminimumkan.

Yang kita ketahui selama ini, bahwa penyelesaian permasalahan program linear dapat dilakukan melalui penggunaan garis selidik dimana penyelesaian tersebut berlaku untuk dua atau tiga variabel. Dalam menyelesaikannya terlebih dahulu harus menerjemahkan masalah-masalah yang ada pada soal ke dalam bentuk bahasa matematika. Rumusan matematis yang diperoleh itu disebut model matematika.

Nah, bagaimana kalau pada soal tersebut memuat beberapa variabel?? misalnya terdiri dari empat variabel atau lebih. Tidak mungkin soal tersebut diselesaikan bila menggunakan garis selidik saja.

Secara umum, penyelesaian program linear tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan 3 (tiga) metode atau cara yaitu dengan menggunakan garis selidik, melalui metode aljabar dan metode simplex.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ke 3 (tiga ) metode tersebut, anda bisa mendownload dan mempelajari materinya melalui link berikut:

1 Penyelesaian program linear dengan menggunakan garis selidik
2 Penyelesaian program linear melalui metode aljabar
3 Penyelesaian program linear melalui metode simplex

Demikian tentang materi penyelesaian program linear, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Penyelesaian Program Linear"