Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Mengubah atau Convert Excel to Pdf Secara Online, Rapi dan Tidak Terpotong

Apakah anda sedang mencari situs convert excel to pdf online yang termasuk dalam converter terbaik dan gratis? atau sedang mencari cara merubah excel ke pdf melalui microsoft office? Secara kebetulan, artikel ini diperuntukkan menjawab dan memberikan informasi tentang pertanyaan tersebut.

Melalui artikel ini anda bisa mengetahui website apa saja yang tersedia diinternet dan bisa anda manfaatkan untuk mengonversi atau mengubah file excel ke pdf agar hasilnya rapi dan tidak terpotong tanpa perlu repot mencarinya digoogle.

Setidaknya ada 15 situs konversi file excel ke pdf yang direkomendasikan untuk bisa anda pilih sesuai kebutuhanmu. Anda bisa melakukannya dengan cepat, mudah dan praktis tanpa ribet. Hasilnya pun sangat rapi, tidak terpotong serta sesuai dengan ukuran margin dan jenis kertas yang digunakan dalam dokumen excel.


Convert Excel to Pdf Online

Anda tinggal buka websitenya lalu upload file excel yang mau diubah biasanya berekstensi .xls atau .xlsx, kemudian klik tombol konversi file ke pdf maka website tersebut akan bekerja secara online dan otomatis dibelakang layar. Bila sudah selesai maka akan disajikan hasil konversi pdf terbaik tanpa terpotong yang bisa kemudian anda download dilaptop / PC / HP.

Gampangkan teman-teman?

Bagi anda yang sering bekerja dengan file excel tentu artikel seperti ini sangat tepat bila anda pelajari. Mengapa?? Karena dokumen dengan format excel biasanya dapat diubah dan diganti isinya sekalipun sheetnya sudah diproteksi. Namun dengan mengubahnya ke ekstensi pdf, bisa dipastikan akan terhindar dari pengeditan dan manipulasi data yang sudah tercantum didalamnya.

Itu makanya kenapa saat ini dokumen yang sifatnya digital, baik hasil ketikkan melalui word/excel/powerpoint ataupun hasil scan kebanyakan diminta untuk menyimpannya dalam bentuk pdf terlebih dahulu.



Selain karena ukuran filenya yang ringan dan bisa dikompres, file pdf mudah sekali untuk diupload dan didownload, juga bisa menjamin originalitas sebuah dokumen. Ini artinya dapat menghindari kemungkinan sebuah dokumen diobrak abrik keasliannya oleh pihak-pihak tertentu dan tidak bertanggung jawab.

Sebelum kita akan bahas tentang situsnya, mari kita pelajari dulu tentang cara konversi / convert excel ke pdf offline (manual).


Cara Mudah Mengubah Excel ke Pdf Melalui Microsoft Office

Versi microsoft office excel 2007 ke bawah jelas bahwa fitur menyimpan file dalam format pdf benar-benar tidak tersedia. Kebanyakan orang menyimpannya dulu dalam format .xls lalu kemudian mengonversinya secara terpisah.

Ada yang memakai aplikasi konversi excel ke pdf, ada juga yang menggunakan cara-cara lain yang lebih efisien, yang penting dilakukan secara offline, tanpa terhubung ke jaringan internet / online.

Fitur save as dokumen excel ke pdf baru bisa kita temukan di microsoft office excel 2010, 2013, 2016 atau 2019. Jadi yang menggunakan versi ms office ini tidak susah-susah lagi dalam convert excel to pdf offline ataupun online.

cara menyimpan file excel ke pdf di laptop

Sudah langsung terintergerasi dengan aplikasi tersebut. Adapun cara-caranya bisa dilihat melalui gambar diatas. Pertama-tama pilih tab FILE lalu klik Save As kemudian lanjutkan dengan mengklik Browse, pada bagian Save as type silahkan pilih format pdf, terakhir klik Save.

Hasil dokumen yang didapatkan bila menyimpan file excel ke pdf tidak terpotong, akan sesuai dengan jenis kertas yang dipilih baik dalam bentuk potrait maupun landscape, sangat mudah melakukannya sekalipun itu terdiri dari beberapa sheet.

Bagaimana cara mengubah file excel ke pdf menggunakan ms office 2007?

Cara termudahnya yaitu save dulu file excel 2007 dalam format .xls, lalu dokumen itu buka menggunakan laptop lain yang sudah terinstal microsoft excel 2010/2013/2016/2019. Baru kemudian simpan ulang dengan cara Save As seperti uraian diatas.

Namun bila cara mudah diatas masih tidak bisa anda lakukan, maka gunakan saja opsi berikut ini.

Opsi ini kita lakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi bernama Foxit Reader. Aplikasi ini mungkin tidak asing lagi ditelinga kita karena biasa dipakai untuk membuka dokumen pdf.

Bila belum punya maka teman-teman bisa mendownloadnya diinternet atau bisa langsung klik link ini. Kemudian lakukan instalasi seperti biasa di PC / laptopmu.

Aplikasi ini ringan dan mudah digunakan kok, hanya saja saat anda menginstalnya jangan lupa aktifkan dengan mencentang Foxit Reader PDF Printer.

Dengan mengaktifkan opsi ini maka di ms office yang terinstal di PC/laptop teman-teman akan ada penambahan driver printer virtual yang bisa anda fungsikan sebagai media penyimpanan dokumen excel ke pdf.

Apabila berhasil menginstal, langsung saja ikuti langkah-langkah cara mengubah dokumen excel ke pdf berikut ini.

  • Silahkan buka file / dokumen excel yang mau diubah ke pdf.
  • Klik tombol Ctrl + P di keyboard.
  • Dibagian Printer pilih Foxit Reader PDF Printer kemudian klik opsi Printer Properties yang ada dibawahnya. Pada Image Resolution pilih nilai 300 (semakin tinggi maka hasil konversi pdf semakin baik namun ukuran file semakin besar), terakhir klik OK.

    cara menyimpan file excel ke pdf dengan foxit reader

  • Agar hasil penyimpanan file excel ke pdf tidak terpotong, silahkan klik tab Layout kemudian atur page size menjadi F4. Bila dilaptop anda tidak tersedia ukuran kerta F4 silahkan lihat panduan atau cara membuat ukuran kertas f4 di excel.
  • Bila semua sudah diatur maka sekarang klik tombol Print.
  • Hasil yang anda dapatkan yaitu dokumen sebelumnya yang berekstensi .xls maka akan berubah menjadi .pdf
  • Selesai!!!

Dulu mimin sendiri sering menggunakan aplikasi ini. Kelebihannya yaitu kita bisa mengatur ukuran file pdf dengan menurunkan resolusi tampilan pagenya. Hanya saja bila ukuran file ini kecil tentu akan berpengaruh pada kualitas dokumen juga. Biasanya akan terlihat sedikit buram bahkan ada yang agak kurang jelas.

Bila teman-teman pengen yang instan dan serba cepat maka mimin rekomendasikan untuk menggunakan website converter pdf terbaik yang bisa mengubah jenis file sesuai dengan yang anda inginkan.

Hanya saja membutuhkan koneksi internet yang memadai agar prosesnya konversinya tidak terkendala. Apa saja situs tersebut? silahkan simak ulasan dibawah.


15 Situs Converter Excel to Pdf Online

Anda bisa mencoba 15 situs penyedia layanan konversi excel to pdf online yang sudah mimin rangkum melalui tulisan ini. Selain mudah, cara mengubahnya pun tinggal klik-klik saja.

Tak perlu banyak basa basi, silakan lihat daftar 15 website yang direkomendasikan untuk anda gunakan dalam mengonversi dokumen yang dibuat menggunakan excel menjadi pdf.

1. I Love Pdf

Situs excel to pdf online pertama yang direkomendasikan adalah i love pdf. Situs ini bisa dibilang salah satu yang terbaik dalam urusan konversi excel ke pdf.

Excel to pdf i love pdf akan memberikan hasil konversi yang sangat memuaskan pengguna. Ditambah dengan bebagai fitur yang disuguhkan dan bisa memanjakan pengguna. Rasanya membuat kita betah dan pengen terus menggunakannya. Begini tampilan beranda situs i love pdf.

Excel to pdf i love pdf

Melalui situs ini, anda bisa konversi Excel ke PDF dan menentukan orientasi halaman sesuai keinginan. Adapun kelebihannya yaitu konversi Excel ke PDF dilakukan secara online, dengan mudah dan gratis.

Dari gambar home diatas, bisa kita lihat ada lima fitur yang tersedia dan bisa dimanfaatkan dari situs ini yaitu:

  • Gabungkan Pdf, digunakan untuk menggabungkan beberapa file berekstensi pdf menjadi satu dokumen saja, sesuai dengan urutan yang diinginkan.
  • Pisahkan Pdf, digunakan untuk memisahkan satu dokumen pdf menjadi beberapa bagian file yang berbeda.
  • Kompres Pdf, digunakan untuk mengurangi ukuran file pdf dengan tetap mengoptimalkan kualitas PDF secara maksimal.
  • Konversi Pdf, digunakan untuk mengubah dokumen tertentu menjadi pdf atau sebaliknya. Tersedia 2 grup pilihan yang bisa anda pakai yaitu:
    • Konversi ke Pdf yaitu jpg ke pdf, word ke pdf, powerpoint ke pdf, excel ke pdf dan html ke pdf.
    • Konversi dari Pdf yaitu pdf ke jpg, pdf ke word, pdf ke powerpoint, pdf ke excel dan pdf ke pdf/a.
  • Semua Alat Pdf, ada 6 alat yang tersedia disini yaitu:
    • Atur Pdf yaitu gabungkan pdf, pisahkan pdf, hapus halaman, ekstrak halaman, atur pdf.
    • Optimalkan Pdf yaitu kompres pdf dan perbaiki pdf.
    • Konversi ke Pdf
    • Konversi dari Pdf
    • Edit Pdf yaitu putar pdf, tambahkan nomor halaman, tambahkan tanda air dan edit pdf.
    • Keamanan Pdf yaitu buka pdf terkunci, proteksi pdf dan tanda tangani pdf.
Bagaimana cara convert excel to pdf i love pdf?

Agar lebih jelas caranya, silahkan simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Silahkan siapkan file excel yang mau dikonversi, bisa .xls ataupun .xlsx kemudian menaruhnya di folder yang mudah ditemukan
  2. Sekarang kunjungi website i love pdf melalui browser kesayanganmu
  3. Klik tombol pilih file EXCEL kemudian cari lokasi penyimpanan file excel. Bila sudah dapat, klik file tersebut kemudian klik Buka

    Cara memilih file excel yang dikonversi ke pdf

  4. Akan tampil page yang baru, silahkan klik tombol Konversi ke PDF

    Konversi excel ke pdf

  5. Tunggu beberapa saat hingga proses konversi selesai. Biasanya hasil konversi akan terunduh secara otomatis dilaptop / PC. Namun bila tak kunjung terdownload maka klik tombol Unduh PDF
  6. Selesai!!!

Tips: Agar hasil konversi tidak terpotong maka sebelum menyimpan file excel silahkan print preview dulu, cek apakah dokumen sudah full halaman, sudah berada ditengah-tengah halaman atau malah terlalu kesamping (kesebelah kanan / kiri). Biasanya tampilan print preview sama dengan hasil konversi.

2. Small Pdf

Smallpdf

Smallpdf dapat membantu anda mengonversi file berbentuk excel dengan mudah dan cepat. Panduan konversi Excel ke PDF melalui situs ini bisa dilihat dengan menggulir mouse ke bawah.

Disana tertera jelas caranya yaitu dengan menarik dan meletakkan file Excel ke dalam kotak atau tekan tombol Pilih File untuk mencari file yang akan diunggah. File akan dikonversi ke PDF secara instan dan siap untuk diunduh.

Adapun kelebihan menggunakan situs ini yaitu:

  • Konversi yang aman yaitu seluruh file Excel dan PDF akan dihapus secara permanen dari server setelah satu jam
  • Platform netral yaitu akan mengkonversi Excel ke PDF melalui platform apa pun, tidak mempermasalahkan sistem operasi apa yang Anda gunakan - Windows, Mac, atau Linux
  • Excel ke PDF dalam waktu singkat yaitu file Excel Anda dikonversi ke PDF menggunakan pengaturan otomatis. PDF yang sudah dibuat akan terlihat seperti yang Anda inginkan tanpa harus memilih opsi yang membingungkan
  • Membuat PDF dengan satu kali klik yaitu hanya dengan mengunggah file maka konversi XLS atau XLSX ke PDF siap dikerjakan oleh server secara otomatis
  • Konversi di server Cloud yaitu konversi Excel ke PDF bisa dilakukan melalui Cloud dan tidak akan memakai kapasitas komputer Anda sedikit pun. Benar-benar hebat.

3. Free Pdf Convert

Freepdfconvert

Freepdfconvert adalah salah satu situs pengonversi dokumen xls atau xlsx menjadi pdf. Penggunaannya mudah, kualitas konversi sempurna, cepat dan aman.

Panduan konversinya bisa anda lihat melalui beranda situs tersebut.

Situs ini mengklaim bahwa akan menyediakan layanan pemformatan spreadsheet Excel menjadi file PDF portabel hanya dalam beberapa detik saja. Luar biasa. Layak anda coba teman-teman.

Kelebihan yang tak kalah serupa dengan situs sebelumnya yaitu bisa mengonversi dokumen excel yang disimpan digoogle drive, dropbox ataupun media penyimpanan online lainnya, tinggal masukkan saja urlnya maka freepdfconvert akan mengerjakannya dengan cepat.


4. Soda Pdf

Sodapdf

Sodapdf akan membuat dokumen excel menjadi pdf secara profesional dengan hasil yang berkualitas. Pengoperasiannya mudah karena menggunakan tool konverter otomatis.

Anda tinggal meletakkan file yang mau dikonversi ke tempat yang disediakan maka selanjutnya server akan mengubah spreadsheet microsoft excel anda ke pdf secara online hanya dalam hitungan detik.

Kelebihannya yaitu mudah digunakan, cepat, gratis dan tersedia versi dekstop yang bisa dioperasikan secara offline.


5. Pdf2go

pdf2go

Pdf2go adalah konverter PDF online gratis yang memungkinkan Anda bisa mengubah spreadsheet Microsoft Excel menjadi PDF. Anda bisa melakukan converter disitus ini dengan mudah. Setiap spreadsheet atau tabel didalam excel dapat dideteksi untuk dikonversi ke PDF.

Beberapa kelebihan unggulan yang bisa anda dapatkan dari situs ini seperti mengubah ukuran halaman pdf, mengoptimalkan pdf untuk keperluan upload ke web, mengubah pdf ke teks, konversi EPUB ke pdf, DJVU ke pdf dan lain sebagainya.


6. Adobe

Adobe

Situs adobe juga menyediakan layanan Convert Excel to PDF secara online. Anda tinggal drag and drop file microsoft excel (xls atau xlsx) yang mau dirubah ke situs tersebut maka selanjutnya akan dikonversi secara otomatis.

Kelebihannya adalah tersedia fitur print preview untuk melihat hasil konversi ke pdf. Bila sudah sesuai, anda tinggal klik download untuk melanjutkan proses penyimpanan di laptop / PC / HP.


7. Pdf Candy

Pdfcandy

Pdfcandy akan melakukan konversi spreadsheet Excel Anda ke PDF (mendukung format xls, format xlsx) dengan cepat, mudah, aman dan tanpa watermark.

Anda hanya perlu menyeret dan menjatuhkan file atau menambahkan dengan mengklik tombol "Tambah file" diberanda situs tersebut. Proses konversi dimulai segera setelah diunggah, dan ketika telah selesai Anda dapat mengunduh dokumen PDF keluarannya.

Kelebihannya adalah proses konversi yang aman, artinya bila file yang dikonversi merupakan data sensitif atau rahasia maka isi / konten file tersebut benar-benar dilindungi dan tetap 100% aman. Wah kayaknya situs ini bisa diandalkan teman-teman.


8. Getlua

Getlua

Melalui situs getlua anda juga bisa mengubah dengan mudah dan cepat file excel ke pdf secara online.

Caranya seret dan lepas dokumen spreadsheet excel (xls atau xlsx) untuk kemudian mengonversinya ke dokumen PDF. Hanya saja dalam situs ini sudah ada ketetapan ukuran maksimum yang diizinkan yaitu 5 MB.


9. Online2pdf

Online2pdf

Anda dapat dengan mudah mengonversi file Excel ke PDF dengan situs online2pdf ini, hanya dalam beberapa detik saja dan sepenuhnya gratis.

Kelebihan situs ini yaitu dapat mengonversi hingga 20 file sekaligus. Maksimal ukuran satu file yang bisa diupload adalah 100 MB. Tetapi kalau dalam jumlah banyak, total ukuran maksimal yang diperbolehkan mencapai 150 MB.


10. Pdfbear

Pdfbear

Pdfbear adalah situs online cepat dan mudah untuk mengonversi file XLS ke format PDF melalui beberapa klik.

Fitur terbaru yang tersedia di situs ini bisa anda lihat melalui "All Tools" seperti Edit pdf, pdf reader dan esign pdf. Yuk dicoba teman-teman.


11. Xlstopdf

xlstopdf

Melalui situs xlstopdf maka konversi dokumen excel ke pdf akan dimulai segera setelah Anda mengunggah file.

Adapun kelebihan menggunakan situs ini yaitu Anda tidak dimintai email atau informasi pribadi lainnya serta semua file baik yang diupload maupun hasil konversi akan dihapus dari server setelah enam jam.


12. Exceltopdfonline

Exceltopdfonline

Exceltopdfonline bisa dibilang memiliki kecepatan konversi yang lebih cepat, mampu mengonversi PDF apa pun ke dan dari Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint di desktop, tablet, atau ponsel Anda.


13. Pdf24 Tools

Pdf24 Tools

Melalui situs pdf24 tools maka Anda bisa melakukan konversi Excel ke PDF cepat, mudah dan secara online.

Situs ini menjamin keamanan file Excel dan hasil konversi yang akan dihapus dari server setelah beberapa saat.

Adapun cara kerja situs ini yaitu masukkan file yang dikonversi ke kotak yang tersedia kemudian klik tombol konversi. Tunggun beberapa saat, server akan mengonversi file sesuai yang diminta lalu simpan file hasil konversi dengan menekan tombol unduh / download.


14. Cloud Convert

Cloudconvert

Berkat teknologi konversi canggih dari cloud convert maka kualitas output file excel yang dirubah menjadi pdf dapat diatur sesuai kebutuhan.

Kelebihan bila menggunakan situs ini yaitu memungkinkan anda menentukan sheet yang mau dikonversi serta bisa mengatur secara online password untuk membuka file pdf hasil konversi. Sungguh sebuah fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh situs yang lain.


15. Pdf4me

Pdf4me

Konversikan dengan mudah file Microsoft Excel anda menjadi PDF menggunakan situs pdfm4. Selain itu, spreadsheet excel yang diubah menjadi PDF bisa juga anda kompres ukurannya menjadai leih kecil anya dalam satu langkah saja.

Dalam situs ini juga memungkinkan anda menggabungkan beberapa file PDF agar jadi satu file PDF. Kerenkan teman-teman??

Sebenarnya masih banyak lagi situs yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan convert to pdf seperti abcdpdf, docfly, pdfen, 123apps, dll.


Kesimpulan

Melalui ulasan situs converter excel ke pdf dalam artikel ini maka dapat memberikan informasi yang bisa anda jadikan referensi dalam memilih situs yang tepat, sesuai kebutuhan dan mendukung pekerjaanmu.

Walaupun ada 15 pilihan disini tetapi disarankan untuk menggunakan situs yang memberikan hasil konversi terbaik. Tetapi sesuaikan juga ukuran filenya ya teman-teman.

Hasil terbaik tentu diimbangin dengan ukuran file yang besar. Namun bila butuh dengan kualitas biasa saja maka ukuran file yang diperoleh tentu akan semakin kecil.

Itu saja dulu ulasan mengenai cara cepat mengubah atau konversi file excel ke pdf secara online, semoga bermanfaat buat teman-teman semua. Jangan lupa share artikel ini sebanyak-banyaknya agar teman-teman yang lain juga bisa membacanya. Terimakasih.

2 comments for "Cara Cepat Mengubah atau Convert Excel to Pdf Secara Online, Rapi dan Tidak Terpotong"

  1. Penjelasannya lengkap. Terima kasih telah tutorial convert excel to pdf online. Artikel ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas online di masa pembelajaran virtual di sekolah.

    Semoga pembaca yang lain juga dapat memperoleh manfaat dari postingan bg Eman terutama mereka yang sedang menempuh pendidikan maupun pekerjaan yang selalu memanfaatkan teknologi mutahir.

    Best,
    JP

    ReplyDelete